Minggu, 15 April 2012

3 mobil yang memakai nama ber unsur Indonesia

1. Porsche Macan







Produsen mobil asal Jerman, Porsche, akan meluncurkan varian Sport Utility Vehicle (SUV) terbarunya, Porsche Macan pada 2013 mendatang.

 Nama yang dipakai memang terdengar tak asing di telinga orang Indonesia, karena Porsche terinspirasi menamakan mobilnya itu dari bahasa Indonesia.

Dilansir Inautonews, Selasa 10 April 2012, Porsche Macan menggunakan mesin 3.0L twin-turbo V-6, yang menghasilkan tenaga sebesar 350 hp. Lebih besar dari salah satu pesaingnya yaitu Audi Q5, yang mengusung mesin 3.0L empat silinder V-6 dengan tenaga sebesar 290 hp.

Porsche akan menyediakan model empat pintu dan juga Macan versi dua pintu. Selain itu, Porsche akan membuat model Macan tipe hybrid yang menggunakan mesin elektrik 50 hp dengan kekuatan mencapai 230 hp.

Porsche telah menginvestasikan 500 juta Euro untuk memproduksi Porsche Macan yang akan diluncurkan pada tahun 2013 mendatang.

Perkiraan harga sementara yang akan diambil Porsche pada 2013 mendatang, dimulai pada kisaran US$45.000 atau sekitar Rp542 juta.

Porsche Macan akan bersaing dengan merek lain yang sudah lebih dulu ada dipasaran seperti Audi Q5, BMW X3, Infiniti EX35, Land Rover Range Rover Evoque dan Mercedes-Benz GLK.

( Sumber : http://otomotif.vivanews.com/news/read/303310-wujud-asli-porsche-macan-indonesia )

2. Suzuki Ertiga




Mobil Multi Porpose Vehicle (MPV) terbaru Suzuki, Ertiga, siap diluncurkan di pasar tanah air pada bulan ini tepatnya tanggal 22 April 2012. Mobil buatan Jepang yang mengadopsi nama dari Indonesia, digadang-gadang akan menjadi pesaing terkuat Avanza dan Xenia.

Suzuki Ertiga ditawarkan dengan tiga pilihan varian, yakni tipe GA, GL, dan GX. Adapun untuk harga Ertiga GA Rp144 juta, Ertiga GL Rp156 juta, dan Ertiga GX Rp165 juta.

Head of 4W Marketing General Manager SIS, Edi Darmawan, mengatakan saat ini sudah ada 2.000 unit Ertiga yang dipesan. Adapun peminat paling banyak berasal dari Jabodetabek.

Nama Ertiga memang diadopsi dari bahasa Indonesia. Dahulu ketika masih dalam bentuk konsep, mobil jenis Multi Porpose Vehicle (MOV) dinamakan dengan nama RIII yang bila disebut dalam bahasa Indonesia akan berbunyi Ertiga.

Menurut Suzuki Motor Corporation (SMC) Jepang, nama Ertiga dinilai cocok untuk mewakili karakter mobil tersebut. Er (huruf R) berarti Row (baris), tiga angka 3, kalau diartikan mobil dengan 3 baris tempat duduk. Ini sesuai dengan tagline Suzuki untuk menghadirkan mobil dengan 3 baris tempat duduk yang lapang.

Dari tiga pilihan tipe yang ditawarkan, Ertiga tipe GX adalah versi paling lengkap. Sedangkan tipe GL untuk menengah, dan tipe GA untuk yang versi standar. Untuk kelengkapan keamanan, Ertiga sudah dilengkapi dengan Dual Airbag plus ABS (Tipe GX), Immobilizer (Tipe GX & GL), serta perlengkapam Tilt Steering.

Mobil ini disokong dengan mesin bensin 1,4 liter dengan tenaga 94 hp pada putaran mesin 6.000rpm dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm. Konsumsi bahan bakar diklaim 1 liter menembus 16 km.

( Sumber : http://otomotif.vivanews.com/news/read/301115-mobil-jepang-nama-indonesia-siap-dipasarkan )


3. Lamborghini Madura





Mimpi mobil buatan Indonesia menjadi produk dunia mungkin belum bisa tercapai. Tapi setidaknya nama-nama dari Indonesia berhasil memikat para pembuat mobil ternama di dunia.

Digunakannya nama mobil dari bahasa Indonesia menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan tersendiri. Karena umumnya produk global menggunakan bahasa Latin, Spanyol, Jepang, dan lainnya.

Nama-nama Indonesia dinilai cukup menjual dan mudah diingat oleh konsumen. Selain itu bisa mewakili karakter dari mobil tersebut. Adalah Mahasiswa Munich University, Slavche Tanevsky, yang menjadikan nama pulau di Indonesia, Madura, sebagai nama untuk varian Lamborghini terbaru.

Tanevsky berkolaborasi dengan desainer Lamborghini dan Audi membuat Lamborghini Madura. Menurutnya, dipilihnya Madura diambil dari nama pulau yang terkenal dengan budaya karapan sapi, cocok dengan mobil berlambang banteng ini.

Menurut Tanevsky, Madura adalah proposal untuk proyek mobil hybrid Lamborghini pertama yang dijadwalkan akan rilis pada tahun 2016.

Lalu apa saja kehebatan Lamborgini Madura? Desainnya sekilas menyerupai tampilan Lamborghini Reventon dan mobil konsep Estoque. Namun, secara keseluruhan desain Madura lebih ramping dan agresif.

Bagian depan Lamborghini Madura, mengusung lampu ramping untuk mempertegas kesan lebar pada mobil, dihiasi dengan lubang udara besar serta kap mesinnya yang memiliki lekuk unik.

Bagian buritannya, posisi mesin hybrid yang berada di bagian depan, membuat Tanevsky dapat membuat garis-garis rumit yang membantu menjadikan tampilan Lamborghini Madura Concept memiliki tampilan yang sangat unik, menarik dan seksi.

Berikut foto-foto Lamborghini Madura yang diambil dari Worldcarfans:











( Sumber : http://otomotif.vivanews.com/news/read/300614-foto--menanti-si-seksi-lamborghini-madura )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut