Minggu, 22 Januari 2012

Palestina


adalah sebuah daerah di Timur Tengah antara Laut Tengah dan Sungai Yordan. Status politiknya masih dalam perdebatan. Sebagian besar negara di dunia termasuk negara negara anggota OKI, ASEAN, dan Gerakan Non-Blok mengakui keberadaan baik.
Geografi
Papan nama dalam tribahasa di Palestina
Wilayah Palestina sebelum diambil paksa oleh Israel
Topografi Palestima
Masjid di Palestina
Koin Tribahasa Palestina
Perangko Palestina
Paspor Palestina pada Masa Mandat Inggris

Palestina terletak di bagian barat benua Asia yang membentang antara garis lintang meridian 15-34 dan 40-35 ke arah timur, dan antara garis lintang meridian 30-29 dan 15-33 ke arah utara.

Palestina membentuk bagian tenggara dari kesatuan geografis yang besar di belahan timur dunia Arab yang disebut dengan negeri Syam. Selain Palestina, negeri Syam terdiri dari Lebanon, Suriah dan Yordania. Pada awalnya negara-negara ini punya perbatasan yang kolektif di luar perbatasannya dengan Mesir.

Perbatasan Palestina dimulai dari Lebanon di Ras El-Nakoura di wilayah Laut Tengah (Laut Mediterania) dan dengan garis lurus mengarah ke timur sampai ke daerah di dekat kota kecil Lebanon yaitu kota Bent Jubayel, di mana garis pemisah antara kedua negara ini miring ke Utara dengan sudut yang hampir lurus. Pada titik ini, perbatasan berada mengitari mata air Sungai Yordan yang menjadi bagian dari Palestina dalam jalan kecil yang membatasinya dari wilayah Timur dengan wilayah Suriah dan danau Al Hola, Lout dan Tabariyya.

Perbatasan dengan Yordania dimulai di wilayah selatan danau Tabariyya pada pembuangan sungai Al Yarmouk. Terus sepanjang Sungai Yordan. Dari mata air Sungai Yordan, perbatasan ini ke arah Selatan membelah pertengahan Laut Mati secara geometrikal dan lembah Araba, hingga sampai pada daerah Aqaba.

Perbatasan dengan Mesir dapat digambarkan dengan garis yang hampir membentuk garis lurus yang membelah antara daerah semi-pulau Seena dan padang pasir Al Naqab. Perbatasan ini dimulai di Rafah di Laut Tengah hingga sampai ke daerah Taba di Teluk Aqaba.

Di bagian Barat, Palestina terletak di sebelah perairan lepas internasional dari Laut Tengah dengan jarak sekitar 250 km dari Ras El-Nakoura di belah selatan hingga Rafah di bagian selatan.

http://www.youtube.com/watch?v=q5CXFiVWJqk ( lagu kebangsaan palestina )

Alasan mengapa israel takut jika Palestina merdeka Adalah : Kuasa Usaha Kedutaan Besar Palestina di Iran menyatakan, jika Palestina diakui sebagai negara yang berdaulat di PBB, maka negara itu akan mengadukan kejahatan perang yang dilakukan rezim Zionis atas bangsanya ke PBB.

Muhammad Mustafa Abu Jawhir di Shiraz Sabtu (24/9) mengungkapkan bahwa salah satu alasan bagi Israel menolak tawaran negara merdeka Palestina di PBB disebabkan karena khawatir Palestina akan mengajukan gugatan terhadap Israel atas kejahatan perang yang dilakukannya.

“Jika Palestina diakui sebagai negara independen, kita bisa mengajukan gugatan ke PBB Sebagai negara anggota yang telah diserang oleh anggota lain, dan organisasi internasional ini terpaksa harus campur tangan,” tambahnya.

“Palestina adalah negara independen dan harus memiliki tempat yang layak di antara negara-negara dunia lainnya dan [mampu] membela hak-hak rakyatnya,” tegas pejabat Palestina itu.

Pada hari Jumat, pemimpin Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas secara resmi mengajukan tawaran negara merdeka Palestina di PBB.

Bertindak selaku pemimpin Otoritas Palestina Mahmud Abbas secara resmi mengajukan tawaran pengakuan PBB atas negara Palestina merdeka kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon.

Abbas menyerahkan usulannya dalam map dihiasi dengan lambang Palestina di bagian depan kepada Ban Ki-moon pada Jumat, sesaat sebelum berpidato di Majelis Umum PBB.

Abbas mendesak PBB mengakui keanggotaan negara itu setelah Israel menghancurkan semua upaya untuk mencapai perdamaian melalui perundingan.
Sementara itu, para pejabat AS sebagaimana dilaporkan AFP, mengadakan pertemuan-pertemuan tertutup dengan para pejabat Palestina untuk menuntaskan kompromi yang dikehendaki Washington.

“Kami tetap fokus mendukung dan membantu Israel dan Palestina supaya kembali ke perundingan,” kata seorang pejabat AS ketika menyikapi rencana pengajuan proposal kenegaraan.

Namun bangsa Palestina tetap berusaha konsisten supaya tidak terpengaruh oleh janji baru AS.

Sementara itu, Presiden AS Barak Obama dalam pidatonya di PBB mengatakan, “tidak ada jalan pintas” untuk perdamaian Timur Tengah.

“Perdamaian tidak akan datang melalui pernyataan dan resolusi di PBB,” kata Obama.

Pidato Obama menuai protes luas dan memancing kemarahan warga Palestina, khususnya kota Gaza. Masyarakat Gaza melakukan protes atas pidato Obama dan menyebut standar ganda Washington dalam mendekati Timur Tengah bertujuan memberangus kebebasan Palestina.(IRIB/PH)

( http://cyborgrizki.wordpress.com )


Ini dia presidan Palestina MAHMOUD ABBAS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut