Senin, 06 Februari 2012

Final Piala Dunia Tahun 1974 Pakai Koin Indonesia





Indonesia adalah negara satu-satunya di Asia Tenggara dan negara pertama di benua Asia yang pertama ikut Piala Dunia (World Cup). Pada penyelenggaraan Piala Dunia di Prancis tahun 1938, keikutsertaan Indonesia waktu itu masih bernama Hindia Belanda (Dutch East Indies). Pada putaran final Piala Dunia ini Indonesia hanya bertahan di putaran pertama saja setelah takluk dari Hungaria dengan skor 6 - 0. dan yang menjadi juara dunia adala Timnas Italia.


Keikutsertaan Indonesia yang kedua ketika Piala Dunia digelar di Jerman pada tahun 1974. Kali ini yang mewakili bukan Timnas sepakbola Indonesia, tetapi diwakili oleh sebuah koin " rupiah" tercinta.

Menurut Guardian, koin tersebut dibuat secara khusus sebagai cendera mata oleh percetakan Bank Indonesia pada tahun 1974 dan hanya ada tiga buah. Wasit asal Inggris, Jack Taylor mendapat koin tersebut sebagai cendera mata atas kontribusinya di sepakbola.

Taylor kemudian mendapatkan kehormatan untuk memimpin pertandingan puncak Piala Dunia 1974 yang mempertemukan tuan rumah Jerman Barat dengan Belanda, dan kemudian menggunakannya untuk mengundi sebelum Jerman Barat dan Belanda melakukan kick off.

Pada Piala dunia 1974 ini keluar sebagai juara dunia adalah tuan rumah Jerman Barat setelah mengalahkan Belanda dengan skor 2 - 1.

sumber: http://timetotalks.blogspot.com/2010/03/final-piala-dunia-tahun-1974-pakai-koin.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut